Selasa, 18 Oktober 2011

"MAKNA ILMU SOSIAL DASAR"

 “MAKNA ILMU SOSIAL DASAR”

Tugas I

·         Makna Ilmu social dasar

Pada dasarnya ilmu social dasar merupakan sebuah pembelajaran tentang aspek-aspek kehidupan sehari-hari umat manusia mulai dari bagaimana mereka berinteraksi dengan sesame, bagaimana mereka mempertahankan hidup, bagaimana mereka membutuhkan sesamanya dan tingkah laku manusia tersebut dari masa lampau hingga sekarang. Jadi ilmu social dasar itu bermakna sebagai ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia dalam kehidupan sehari-hari yang bertujuan  membantu perkembangan wawasan pemikiran dan kepribadian yang luas, dan dapat bermusyawarah dengan satu sama lain.

·         Kemampuan personal /kemampuan kepribadian

Dapat menunjukan sikap dan kepribadian Indonesia , mengenal dan memahami nilai-nilai agama,
kemayarakatan,  kenegaraan serta pandangan luas terhadap masyarakat.

Contoh : Di berbagai universitas pasti ada mata kuliah agama,  yang mana hal ini sangat dianjurkan agar mahasiswa selalu berpedoman pada nilai-nilai agama, mulai dari cara bersikap, cara berbicara, cara berpakaian, dsb. Kemudian selain itu, kita juga harus bisa menjaga kepribadian Indonesia, khususnya dalam hal budaya. Bisa dengan cara mengikuti kegiatan ekstrakurikuler tarian daerah, seni drama tradisional, dkk. Hal ini bertujuan untuk melestarikan budaya dari bangsa sendiri. 

Setiap orang memang harus menunjukkan kemampuan personal yang dimilikinya, salah satunya agar memperlancar kegiatan sosialisasi.

·         Kemampuan akademik :

kemampuan untuk berkomunikasi secara ilmiah, baik lisan maupun tertulis, menguasai peralatan
analisa, berpikir logis, kritis, sistematis, analitis.

Contoh: di lingkungan perkuliahan, perkantoran, atau lingkungan tempat tinggal, kita dituntut untuk memiliki kemampuan akademik. Misalnya saja di kantor, komunikasi yg kita miliki haruslah baik. Orang yang sudah lama bekerja, pasti komunikasinya baik, karena dari situlah mereka belajar. Komunikasi lisan atau tertulis antara atasan dan bawahan haruslah bisa dimengerti agar tidak terjadi kesalahpahaman. Selain itu, dalam meeting  / review misalnya, kita dituntut untuk bisa berpikir logis, kritis, sistematis analistis pada saat ingin mengeluarkan pendapat, agar apa yang kita sampaikan bisa management tangkap dan kemudian dijadikan salah satu masukan untuk proses perubahan.

·         Kemampuan professional :

kemampuan dalam bidang profesi tenaga ahli yang bersangkutan. Tenaga ahli diharapkan memiliki
pengetahuan yang tinggi.

Contoh : dalam dunia kerja, pasti dikenal adanya departemen atau bagian. Ada marketing department, finance departemen, human capital dept, dsb. Departemen atau bagian2 tersebut memiliki tenaga ahli. Agar seimbang, biasanya tenaga ahli tersebut haruslah memiliki pengetahuan yang tinggi terutama dalam bidang yg ditekuninya. Finance dept, orang2 di dalamnya harusnya orang yang memiliki kemampuan professional, yang memang paham dan mengerti tentang finance. Hal ini bisa mempermudah proses kerja di finance nantinya.

 

Contoh masalah social di lingkungan sekitar, misalnya : pedagang kaki lima. Menurut definisi umum, pedagang kaki lima bukan masalah sosial karena merupakan upaya mencari nafkah untuk kelangsungan hidupnya, dan pelayanan bagi warga masyarakat pada taraf ekonomi tertentu. Sebaliknya para ahli perencanaan kota menyatakan pedagang kaki lima sebagai sumber kekacauan lalu lintas dan peluang kejahatan. Ini merupakan kondisi  yang mempunyai pengaruh kepada kehidupan sebagian besar masyarakat, karena di satu sisi dengan berdagang kaki lima bisa membantu mereka dalam perekenomian, oleh karena itu tim perencanaan kota harusnya bisa memperbaiki sistemnya contoh dengan memberikan lahan sah untuk mereka berdagang agar tidak mengacaukan tata kota.

 

 

 

Contoh lain : ( Kenakalan Remaja Saat ini )

  • Kenakalan remaja di era modern ini sudah melebihi batas yang sewajarnya. Banyak anak dibawah umur yang sudah mengenal Rokok, Narkoba, Freesex, dan terlibat banyak tindakan kriminal lainnya. Fakta ini sudah tidak dapat diungkuri lagi, anda dapat melihat brutalnya remaja jaman sekarang. Mungkin ini disebabkan ketidakharmonisan rumah  tangga menyebabkan hal ini terjadi. Bisa dilihat dari artikel berikut :

Ketidakharmonisan Rumah Tangga Pemicu Kenakalan Remaja’
Didit Tri Kertapati – detikNews

Jakarta – Kenakalan remaja yang terjadi di berbagai kota di Indonesia semakin marak. Berbagai kasus kenakalan seperti tawuran pelajar hingga pembunuhan oleh anak usia remaja dinilai salah satunya disebabkan oleh ketidakharmonisan keluarga.
“Itu bisa salah satunya. Kita harus terus-menerus menekankan kehidupan keluarga yang harmonis,” kata Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan, Meutia Hatta, usai acara jalan santai memperingati Hari Ibu Ke-80 di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Minggu (14/12/2008).
Meutia secara spesifik juga bicara mengenai tawuran pelajar. Menurutnya, tawuran pelajar bisa diatasi apabila sekolah memberi kesibukan yang berarti bagi siswanya.
“Sekolah harus menggugah kreativitas anak-anak dan itu tidak harus di kelas,” tutur anak  Muhammad Hatta itu.
Menurut Meutia kegiatan yang bisa menggugah siswa diantaranya seperti out bound dan  berkunjung ke tempat-tempat yang bisa menggugah nasionalisme.
“Guru-guru saya harapkan menggugah kreativitas siswa. Sehingga tidak ada waktu untuk tawuran,” sarannya.

  • Selain itu, Kenakalan remaja saat ini sangat kompleks, diantaranya marak dilakukannya balapan liar diberbagai daerah, dalam hal ini lagi-lagi masalah uang atau judi yang menjadi ujung dari balapan liar tersebut. Kejadian seperti ini sangat membahayakan diri pembalap itu sendiri dan masyarakat di sekitarnya, masyarakat menjadi terancam keselamatannya hingga takut untuk melalui jalanan yang dipakai para remaja untuk ajang balapan liar tesebut. Masalah lain timbul yaitu timbulnya polusi udara dan suara, dalam hal ini pasti balapan liar mengeluarkan bunyi bising sekali dan polusi. Para polisi pun sudah berkali-kali melakukan razia untuk mencegah balapan liar itu sendiri tapi ketika polisi itu tidak ada, mereka kembali melakukannya. Solusinya menurut saya adalah orang tua harus berperan penting dengan anak remajanya untuk tidak memodifikasi kendaraan roda duanya, seperti melakukan modifikasi mesin, yang kebanyakan berujung kebut-kebutan di jalan. Serta masyarakat sekitar harus memantau jika terjadi balap liar untuk melaporkannya langsung ke polisi setempat.

 

 

 

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Laundry Detergent Coupons