Jumat, 25 Januari 2013

Pengertian Video Streaming

Apa yang dimaksud dengan video streaming dan bagaimana cara kerjanya?
Video streaming adalah istilah yang sering kita gunakan saat melihat video diinternet melalui browser dimana kita tidak perlu men-download file video tersebut untuk dapat memutarnya. Istilah ini tersebut terdiri dari dua suku kata yaitu video dan streaming, secara istilah video berarti teknologi untuk menangkap, merekam, memproses, mentransmisikan dan menata ulang gambar bergerak, sedangkan streaming berarti proses penghantaran data dalam aliran berkelanjutan dan tetap yang memungkinkan pengguna mengakses dan menggunakan file sebelum data dihantar sepenuhnya.
Jadi video streaming dapat diartikan transmisi file video secara bekelanjutan yang memungkinkan video tersebut diputar tanpa menunggu file video tersebut tersampaikan secara keseluruhan.
Video streaming banyak diimplementasikan pada dunia pertelevisian untuk melakukan siaran dari website atau mengirimkan gambar siaran langsung melalui website atau disebut juga live streming. Jadi gambar yang didapatkan dari siaran langsung, sesegera mungkin ditransmisikan dan dapat diputar melalui internet.


Metode Video Streaming
Secara umum metode streaming video sangatlah sederhana, yaitu dengan membagi video dalam beberapa bagian paket yang dienkode sebelum dikirim, selanjutnya pada resicivier, oaket tersebut akan didekode agar bisa diputar. kegiatan seperti ini akan terus dilakukan sampai paket video telah terkirim sepenuhnya.
contoh :

saya akan menonton pidato barack Obama melalui website abcnews.go.com, maka tv abc akan memecah video Obama dalam beberapa paket yang diencode dalam sebuah file video codec seperti H.264 or WebM, selanjutnya paket tersebut dikirim dan diterima oleh user dalam bentuk bitstream yang digabungkan kembali dan disimpan dalam buffering memory. bitstream tersebut kemudian diencode menjadi file bertipe FLV atau lainnya. nah…. file inilah yang kemudian diputar oleh browser.


Sumber :

Apa yang dimaksud dengan teleconference dan cara kerjanya?

Telekonferensi, dalam telekomunikasi, merupakan pertemuan berbasis elektronik secara langsung (live) di antara dua atau lebih partisipan manusia atau mesin yang dihubungkan dengan suatu sistem telekomunikasi yang biasanya berupa saluran telepon. Penggunaan telekonferensi memiliki kelebihan efektivitas biaya dan waktu. Telekonferensi dapat berbentuk konferensi audio atau konferensi video.[1] Konferensi audio merupakan salah satu jenis telekonferensi dimana seseorang dapat melakukan percakapan interaktif didalamnya. Dengan audio-konferensi ini, seseorang dapat berbicara dengan lebih dari satu orang melalui speaker. Dalam konferensi video, para partisipannya dapat saling melihat gambar (video) dan saling mendengar, melalui peralatan kamera, monitor, atau pengeras suara masing masing. (http://id.wikipedia.org/wiki/Telekonferensi)

Boleh dibilang, teleconeference adalah implementasi terpenting dari video streaming dalam dunia bisnis. Teleconference memungkinkan beberapa orang berkomunikasi secara audio dan visual. beberapa teknologi diaplikasikan untuk mengganti peran panca indra dalam telekomference, contohnya webcam digunakan untuk menangkan gambar dan menampilkannya di monitor ini menggantikan peran mata sebagai media penerima sinyal-sinyal visual dari komunikan. Kemudian ada microphone sebagai penangkap suara dan membarikan output pada speaker, ini menggantikan peran mulut dak telinga dalam menangkap dan membuat sinyal suara.

Teleconference memberikan efektifitas dan efisiensi untuk komunikasi jarak jauh. Dengan teleconference esensi komunikasi tetap terjaga walaupun jarak antara komunikan dan komunikator sangat jauh. Tentu saja kelancaran komunikasi sangat tergantung pada kecepatan transmisi data dan jika menginginkan hasil yang maksimal piranti yang digunakan juga harus nomero uno.

Sumber :
http://argiatama.blogspot.com/2010/12/video-streaming-apa-sih.html
http://sumartiningsih01.blogspot.com/

7 komentar:

abcdefghaniv mengatakan...

Bercerita mengenai IndoStreaming, Streaming TV Online Terlengkap dan Termurah.
Adapun kriteria mengenai IndoStreaming, Streaming TV Online Terlengkap dapat anda baca di artikel lainnya seperti jenis IndoStreaming, Streaming TV Online Terlengkap,
apa itu layanan IndoStreaming, serta cara mudah membuat IndoStreaming, Streaming TV Online Terlengkap sendiri. Beberapa rekomendasi untuk cloud dedicated server terbaik dan termurah di Indonesia memang semakin marak di Search Engine Google.
Dikarenakan artikel mengenai IndoStreaming ini sedang mengalami peningkatan pencarian yang signifikan. Bagi pembaca yang sekali lagi masih penasaran tentang IndoStreaming, Streaming TV Online Terlengkap dapat membaca artikel hanivinside.NET pada katergori IndoStreaming. Terimakasih

http://www.hanivinside.net/2014/11/indostreaming-streaming-tv-online.html

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

Artikel Teknologi : artikel teknologi
Artikel Bioprofilartis : info biodata artis lengkap
Jasa Website : website murah
Belajar Tenses Bahasa Inggris : belajarbahasa inggris

Bokep Indo mengatakan...

Streaming Film Kesukaan Kamu Disini Kakk
https://indoxx1.biz/
https://nontonseru24.com/

Anonim mengatakan...

perde modelleri
sms onay
Turkcell Mobil Ödeme Bozdurma
nft nasıl alınır
ANKARA EVDEN EVE NAKLİYAT
TRAFİK SİGORTASI
DEDEKTÖR
web sitesi kurma
aşk kitapları

Anonim mengatakan...

SMM PANEL
smm panel
İS İLANLARİ
instagram takipçi satın al
hirdavatciburada.com
Www.beyazesyateknikservisi.com.tr
Servis
TİKTOK JETON HİLESİ

Anonim mengatakan...

lisans satın al
minecraft premium
en son çıkan perde modelleri
özel ambulans
yurtdışı kargo
en son çıkan perde modelleri
nft nasıl alınır
uc satın al

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Laundry Detergent Coupons