Sabtu, 22 Desember 2012

PERANAN TELEMATIKA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI KHUSUSNYA BIDANG PENDIDIKAN

 

  • E-Learning

E-Learning terhadap kegiatan pembalajaran di kelas (classroom instruction), yaitu :

a. Suplemen (tambahan), mahasiswa mempunyai kebebasan memilih apakah akan memanfaatkan materi pembelajaran elektronik atau tidak. Sekalipun sifatnya hanya bersifat optional, mahasiswa yang memanfaatkannya tentu akan memiliki tambahan pengetahuan atau wawasan, walaupun materi pembelajaran elektronik berfungsi sebagai suplemen.
b. Komplemen (pelengkap), apabila materi pembelajaran elektronik diprogram untuk melengkapi materi pembelajaran yang diterima mahasiswa di dalam kelas. Sebagai komplemen berarti materi pembelajaran elektronik diprogramkan untuk menjadi materi reinforcement (pengayaan) yang bersifat enrichment atau remedial bagi pengajar dalam megikuti kegiatan pembelajaran konvensional.
c. Substitusi (oengganti) berfungsi agar para mahasiswa dapat secara fleksibel mengelola kegiatan perkuliahannya sesuai dengan waktu dan aktifitas lainnya yang dikerjakan mahasiswa sehari-hari. Ada 3 alternatif model kegiatan pembelajaran yang dapat dipiih peserta didik, yaitu : (1) sepenuhnya secara tatap muka (konvensional), (2) sebagian secara tatap muka dan sebagian melalui internet, atau bahkan (3) sepenuhnya melalui internet.

Kegunaan e-Learning

-    Dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja.
-    Lebih menghemat biaya dan waktu.
-    Standar materi terjamin dengan baik.
-    Memperkuat pembelajaran tradisional dalam kelas.
-    Kuota peserta tidak terbatas.

 

Diantara keuntungan tersebut, telematika juga memberikan dampak negatif, diantaranya adalah :

  • memberi peluang kejahatan, terutama kejahatan cyber cryme
  • kesalahan data yang diterima dapat berakibat sangat fatal, oleh karenanya sebelum data disebar luaskan, maka data-data tersebut harus diverifikasi.
  • Pergaulan bebas di dunia maya sulit untuk di kontrol
  • Penculikan karena berkenalan dengan orang melalui jejaring sosial
  • Isu isu negative menyebar dengan cepat
  • Pencurian  data pribadi dari akses internet
  • Penyebaran gambar gambar negative lebih mudah
  • Menyebarkan virus yang merusak computer lebih mudah dilakukan
  • Perdagangan narkoba atau barang haram lebih mudah dipasarkan
  • Penipuan berkedok kuis dan sebagainya
  • Pengelolaan Sistem Informasi

Ilmu pengetahuan tersimpan dalam berbagai bentuk dokumen yang sebagian besar tercetak dalam bentuk buku, makalah atau laporan informasi semacam ini kecuali sukar untuk diakses, juga memerlukan tempat penyimpanan yang luas. Beberapa informasi telah disimpan dalam bentuk disket atau Hard Disk, namun perlu dikembangkan lebih lanjut sistem agar informasi itu mudah dikomunikasikan. Mirip halnya dengan perpustakaan elektronik, informasi ini sifatnya lebih dinamik (karena memuat hal-hal yang mutakhir) dapat dikelola dalam suatu system.

  • Video Teleconference

Keberadaan teknologi ini memungkinkan mahasiswa dari seluruh dunia untuk dapat berkenalan, saling mengenal bangsa di dunia. Teknologi ini dapat digunakan sebagai sarana diskusi, simulasi dan dapat digunakan untuk bermain peran pada kegiatan pembelajaran yang berfungsi menumbuhkan kepercayaan diri dan kerjasama yang bersifat social. Banyak faktor yang mempengaruhi dilaksanakan atau tidaknya potensi teknologi telematika. Faktor utama, menurut Miarso (2004) adalah adanya komitmen politik dari para pengambil kebijakan dan ketersediaan para tenaga terampil.

 

Kegunaan video conference dalam pendidikan :

Bagi dunia pendidikan,  Saling tukar informasi dengan institusi pendidikan lain secara langsung. Presentasi / Pendidikan yang disampaikan dari ahli dapat menjangkau jumlah lebih banyak siswa, siswa daerah/ kota/ negara lain ( distance learning) . Video conference juga sangat berperan dalam komunikasi antar Dewan guru, staff dan murid murid.

Video conference mempunyai banyak manfaat bagi aktivitas pendidikan mahasiswa dan dosen, yang dapat mengurangi biaya perjalanan, menghemat waktu, memberikan dan saling bertukar informasi dan pengetahuan yang baru.

Fungsi Video Conference

* Membuat komunikasi lebih aktif 
* Memudahkan pengguna jaringan telekomunikasi 
* Menghindari kesalah pahaman 
* Menghemat waktu 
* Tanpa perlu bepergian 
* Menghemat pengeluaran biaya

  • Perpustakaan Elektronik

Perpustakaan yang biasanya arsip-arsip buku dengan di Bantu dengan teknologi informasi dan internet dapat dengan mudah mengubah konsep perpustakaan yang pasif menjadi agresif dalam berinteraksi dengan penggunanya. Homepage dari The Library of Congress merupakan salah satu perpustakaan yang terbesar di dunia. Saat ini sebagian informasi yang ada di perpustakaan itu dapat di akses melalui internet.

 

 

 

  • Kegunaan Email Untuk Pendidikan

Dengan adanya email maka seorang pelajar dapat dengan mudah berkomunikasidengan orang lain. Selain iu dengan adanya email akan semakin memudahkankomunikasi antara mahasiswa atau siswa terhadap dosen atau guru, karena tugas-tugasdapat dikirim melalui email saja tanpa terlu mengeluarkan banyak biaya. Cepat yaitudengan hitungan detik e-mail dapat dikirimkan ke belahan dunia manapun. HematsumberdayaKita tidak perlu membeli kertas, pulpen, atau memboroskan tinta printer untuk digandakan lalu dikirimkan ke beberapa orang sekaligus yang tidak sedikitmengeluarkan biaya. Global yaitu E-mail bisa digunakan oleh siapa saja, di mana saja,dan kapan saja sebagai sarana komunikasi diseluruh penjuru dunia

Fungsi E-book :

1.      sebagai media belajar yaitu dapat meningkatkan produktivitas belajar

2.      membantu pendidik dalam mengefektifkan dan mengefisienkan waktu pembelajaran

3.      e-book merupakan data digital sangat mudah untuk dibawa dalam banyak file, sehingga pendidik tidak kehabisan bahan belajar untuk peserta didik.

E-book dapat mengurangi beban pendidik dalam menyajikan informasi, informasi yang diberikan melalui E-book lebih konkret dan memungkinkan pembelajaran besifat induvidual sebab tidak tergantung pada informasi yang diberikan pendidik, peserta didik dapat belajar sesuai dengan kebutuhan, kemampuan, bakat dan minatnya, pembelajaran lebih terarah, dapat memberikan pengetahuan langsung hasil dari membaca, memungkinkan pemberian informasi yang lebih luas kepada peserta didik.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Laundry Detergent Coupons