E-Learning terhadap kegiatan pembalajaran di kelas (classroom instruction), yaitu : a. Suplemen (tambahan), mahasiswa mempunyai kebebasan memilih apakah akan memanfaatkan materi pembelajaran elektronik atau tidak. Sekalipun sifatnya hanya bersifat optional, mahasiswa yang memanfaatkannya tentu akan memiliki tambahan pengetahuan atau wawasan, walaupun materi pembelajaran elektronik berfungsi sebagai suplemen. Kegunaan e-Learning - Dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja.
Diantara keuntungan tersebut, telematika juga memberikan dampak negatif, diantaranya adalah :
Ilmu pengetahuan tersimpan dalam berbagai bentuk dokumen yang sebagian besar tercetak dalam bentuk buku, makalah atau laporan informasi semacam ini kecuali sukar untuk diakses, juga memerlukan tempat penyimpanan yang luas. Beberapa informasi telah disimpan dalam bentuk disket atau Hard Disk, namun perlu dikembangkan lebih lanjut sistem agar informasi itu mudah dikomunikasikan. Mirip halnya dengan perpustakaan elektronik, informasi ini sifatnya lebih dinamik (karena memuat hal-hal yang mutakhir) dapat dikelola dalam suatu system.
Keberadaan teknologi ini memungkinkan mahasiswa dari seluruh dunia untuk dapat berkenalan, saling mengenal bangsa di dunia. Teknologi ini dapat digunakan sebagai sarana diskusi, simulasi dan dapat digunakan untuk bermain peran pada kegiatan pembelajaran yang berfungsi menumbuhkan kepercayaan diri dan kerjasama yang bersifat social. Banyak faktor yang mempengaruhi dilaksanakan atau tidaknya potensi teknologi telematika. Faktor utama, menurut Miarso (2004) adalah adanya komitmen politik dari para pengambil kebijakan dan ketersediaan para tenaga terampil.
Kegunaan video conference dalam pendidikan : Bagi dunia pendidikan, Saling tukar informasi dengan institusi pendidikan lain secara langsung. Presentasi / Pendidikan yang disampaikan dari ahli dapat menjangkau jumlah lebih banyak siswa, siswa daerah/ kota/ negara lain ( distance learning) . Video conference juga sangat berperan dalam komunikasi antar Dewan guru, staff dan murid murid. Video conference mempunyai banyak manfaat bagi aktivitas pendidikan mahasiswa dan dosen, yang dapat mengurangi biaya perjalanan, menghemat waktu, memberikan dan saling bertukar informasi dan pengetahuan yang baru. Fungsi Video Conference
Perpustakaan yang biasanya arsip-arsip buku dengan di Bantu dengan teknologi informasi dan internet dapat dengan mudah mengubah konsep perpustakaan yang pasif menjadi agresif dalam berinteraksi dengan penggunanya. Homepage dari The Library of Congress merupakan salah satu perpustakaan yang terbesar di dunia. Saat ini sebagian informasi yang ada di perpustakaan itu dapat di akses melalui internet.
Dengan adanya email maka seorang pelajar dapat dengan mudah berkomunikasidengan orang lain. Selain iu dengan adanya email akan semakin memudahkankomunikasi antara mahasiswa atau siswa terhadap dosen atau guru, karena tugas-tugasdapat dikirim melalui email saja tanpa terlu mengeluarkan banyak biaya. Cepat yaitudengan hitungan detik e-mail dapat dikirimkan ke belahan dunia manapun. HematsumberdayaKita tidak perlu membeli kertas, pulpen, atau memboroskan tinta printer untuk digandakan lalu dikirimkan ke beberapa orang sekaligus yang tidak sedikitmengeluarkan biaya. Global yaitu E-mail bisa digunakan oleh siapa saja, di mana saja,dan kapan saja sebagai sarana komunikasi diseluruh penjuru dunia Fungsi E-book : 1. sebagai media belajar yaitu dapat meningkatkan produktivitas belajar 2. membantu pendidik dalam mengefektifkan dan mengefisienkan waktu pembelajaran 3. e-book merupakan data digital sangat mudah untuk dibawa dalam banyak file, sehingga pendidik tidak kehabisan bahan belajar untuk peserta didik. E-book dapat mengurangi beban pendidik dalam menyajikan informasi, informasi yang diberikan melalui E-book lebih konkret dan memungkinkan pembelajaran besifat induvidual sebab tidak tergantung pada informasi yang diberikan pendidik, peserta didik dapat belajar sesuai dengan kebutuhan, kemampuan, bakat dan minatnya, pembelajaran lebih terarah, dapat memberikan pengetahuan langsung hasil dari membaca, memungkinkan pemberian informasi yang lebih luas kepada peserta didik. |
0 komentar:
Posting Komentar